Hari-hari Terakhir Parking 58 di Brussel?

Wisata Brussel
Parking 58 di Brussel

Melihat panorama kota Brussel dalam sekejap mata? Mungkin nggak ya? Mungkin saja……..

Datanglah ke Parking 58, seperti yang kami lakukan minggu lalu. Area parkir ini terletak di  Bisschopsstraat 1 sekitar 10 menit jalan kaki dari Grand Place di pusat kota yang menjadi salah satu ikonnya Brussel dan merupakan situs warisan budaya dunia UNESCO di Belgia.

Gedung parkir yang berkapasitas 600 mobil ini terletak di perempatan jalan. Diberi nama Parking 58, karena gedung ini pernah menjadi salah satu tempat parkir kendaraan peserta Internasional Exhibition di Brussel pada tahun 1958  atau lebih dikenal dengan Expo 58. Namun  ternyata gedung  ini memiliki catatan sejarah yang panjang. Selama berabad-abad tempat ini pernah menjadi bagian dari pelabuhan dalam kota. Lalu pada abad 17 dan 18 berfungsi sebagai pasar ikan. Di abad ke 19 gedung ini dipugar menjadi pasar pusat bahan makanan.

Lift di parking 58 Brussel
Pintu tangga dan lift di lantai 10

Untuk masuk ke area parkir ini, jalannya  sempit, menanjak dan berputar-putar seperti ulir. Alhamdulillah ada tempat kosong dan bisa parkir di lantai 3, soalnya aku mulai pusing dan mual karena jalan yang berputar terus. Kami lalu naik lift, namun hanya berhenti di lantai 6. Padahal tujuan kami ke lantai 10. Karena tidak menemukan lift yang lain, akhirnya  kami naik tangga sampai ke lantai 10. Begitu pintu terbuka di lantai 10,   kami sudah berada di area parkir paling atas di ketinggian 30 meter ini. Terlihat sebuah mobil baru saja parkir.

Cuaca saat itu masih dingin untuk  permulaan musim semi, 7 sampai 9 derajat. Agak mendung,  matahari sepertinya  enggan bersinar. Beruntung panorama  kota Brussel terlihat cukup jelas. Di sini aku bisa melihat tempat-tempat terkenal di kota tempat kelahiran komik Tin-Tin ini, seperti  Katedral  St. Michael dan St.Gudula, Balai kota, Royal Palace, Justice Palace, Basilica of the Sacred Heart, Atomium dan masih banyak lagi yang lainnya. Senang kami selama di atas mengagumi pemandangan  gedung-gedung balok moderen dan juga bangunan kuno bergaya Art Nouveau, Gotik dan Barok yang sangat mempesona ini. Sayang sekali  terpaan angin dingin memaksa kami untuk segera meninggalkan area yang kabarnya sangat favorit jadi tempat hangout kawula muda  Brussel. Jika di musim panas area ini disulap menjadi kafe, maka di akhir tahun mereka datang untuk merayakan malam pergantian tahun baru sambil menyalakan kembang api.

Kami turun menggunakan lift yang lain. Aku baru paham kalau gedung ini memiliki 2 lift di sayap  yang berbeda. Lift yang kupakai ini  ternyata menjangkau lantai dasar lalu lantai 7 sampai dengan lantai 10. Sementara lift yang lain berangkat dari lantai satu sampai dengan 6. Pantas saja tadi di lantai 6, kami kebingungan mencari lift  yang ke lantai 10.

DSC08714a
Panorama Brussel dari atas Parking 58 di malam hari.

Malam harinya,  setelah puas  sesiangan mengeksplorasi kota Brussel, sebelum membayar parkir kami  sengaja mampir  lagi ke atas mengintip panorama Brussel di waktu malam. Potret Brussel di waktu malam lebih glamour dan menawan. Siraman lampu kuning keemasan yang  berpendar-pendar  terlihat  cantik menghiasi gedung kathedral, balai kota dan landmark Brussel yang lainnya. Betah rasanya  berlama-lama melihatnya dan suasana menjadi romantis sekali. Rasanya sulit dipercaya jika gedung parkir ini sebentar lagi akan kembali mengalami metamorfosa. Ya, kabarnya Pemerintah Kota Brussel ingin mengalihfungsikan  area parkir  ini menjadi perkantoran, apartemen dan restoran.

Inilah hari-hari terakhir Parking 58. Kabarnya  pemugaran akan dimulai musim semi tahun ini. Namun  baik di dalam maupun di luar area parkir sama sekali tidak kutemukan tanda atau papan peringatannya. Entahlah, barangkali agendanya mundur atau dibatalkan?? Seperti juga kebanyakan penduduk Brussel, aku hanya bisa berharap agar akses  paling atas   masih tetap terbuka gratis bagi pengunjung. Sehingga kami masih bisa menikmati panorama indah kota Brussel.

Belgia

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s