Menyisir Kebun Bunga de Bollenstreek

Jalan-jalan Belanda
kebun bunga Tulip di Lisse

Musim semi di Belanda berarti musim bunga. Dimulai dengan mekarnya bunga Krokus di akhir bulan maret diikuti dengan bunga Tulip, Hyacinth dan Narsis. Bunga-bunga khas musim semi ini dapat dijumpai di ladang-ladang bunga yang tersebar di seluruh pelosok Belanda. Salah satu daerah ladang bunga yang cukup terkenal di Belanda disebut dengan ‘de Bollenstreek’.

Lokasinya berada di antara Leiden dan Harleem sekitar 20 km dari Amsterdam. Wilayahnya meliputi antara lain Teylingen, Noordwijk, Noordwijkerhout, Sassenheim, Voorhout, Hillegom dan Lisse. Di kota Lisse (16.5km di utara Leiden) inilah terletak Keukenhof taman bunga tercantik di Eropa.

Bagi mereka yang ingin menikmati keindahan bunga-bunga musim semi di luar Keukenhof bisa mendatangi de bollenstreek seperti yang kami lakukan beberapa waktu yang lalu.

Jalan-jalan Belanda
Bunga Hyacinth ungu di  Hillegom

Waktu itu setelah numpang sholat dhuhur di mesjid Al Imaan di Sassenheim (12km di utara Leiden) kami menuju ke salah satu kebun bunga tulip di Teylingen. Bunga- bunga yang terletak di pinggir jalan besar ini bak magnet bagi pengemudi kendaraan yang sedang melintas. Banyak di antara mereka yang berhenti khusus membuat foto mengabadikan keindahan alam yang hanya beberapa minggu dalam setahun bisa dinikmati ini.

Kami sekeluarga juga mengunjungi kebun bunga lainnya di Hillegom (6km utara Lisse). Di sini kebun didominasi bunga Hyacinth warna ungu. Bau wangi langsung tercium begitu aku keluar dari kendaraan. Masih belum puas, kami melanjutkan perjalanan ke arah Lisse tak jauh dari Keukenhof. Dari kejauhan di sebelah kiri jalan terlihat deretan kendaraan yang seolah-olah menjadi pagar dari karpet alam hamparan bunga tulip yang berwarna merah, kuning dan oranye. Kendaraan diparkir asal-asalan. Padahal jalannya sempit. “Banyak yang dari luar Belanda nih,” kata suami melihat plat mobil D dari Jerman, I dari Italia dan GB dari Inggris. “Masya Allah bagus banget ya ma……yuk kita foto dulu”, kata kakak takjub begitu melihat hamparan bunga tulip warna-warni ini.

Jalan-jalan Belanda
kebun bunga Hyacinth  putih dan Narsis di Lisse

Di hari yang cerah itu seolah-olah kebun bunga ini menjadi tempat atraksi dadakan yang menyedot perhatian banyak orang. Keinginannya tentu saja berfoto dengan latar belakang bunga tulip. Tak hanya pasangan kekasih yang sibuk selfie tapi orang dewasa dan dan juga keluarga muda terlihat tekun membidikkan kameranya ke bunga yang menjadi ikonnya Belanda ini.

Kesibukan kami berfoto-foto terganggu dengan teriakan seorang bapak. Kalau mendengar bahasanya sih menurut adik dari Italia. Berkali-kali si bapak ini memanggil anaknya yang masih asyik terus berlarian di antara kebun tulip ini. Ketika akhirnya datang, anak itu dengan bangga menyodorkan tanaman tulip yang dicabut seakar-akarnya….Ups!

 

Iklan

2 thoughts on “Menyisir Kebun Bunga de Bollenstreek

  1. Natalia Harryanto Mei 13, 2017 / 3:43 pm

    Halo, salam kenal. Untuk ladang bunga tulip yang ada di sekitar Kuekenhof apa bisa dicapai dengan jalan kaki dari lokasi pintu masuk Kuekenhof?

    Mohon saran

    Teroma kasih

    Suka

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s