Legenda Raksasa Kota Antwerpen

liburan Antwerpen 1
Kastil het Steen Antwerpen

Antwerpen, kota kedua terbesar di Belgia bisa menjadi pilihan wisata yang perlu dipertimbangkan jika kita sedang berada di Belanda. Dari Den Haag dalam waktu kira-kira dua jam dengan menggunakan kereta api atau kendaraan pribadi, kita sudah berada di pusat kota pelabuhan terbesar kedua di Eropa ini.

Beberapa kali jalan-jalan ke Antwerpen kami selalu parkir di jalan Sint-Michielskaai di dekat pusat kota di pinggir sungai Schelde. Di ujung selatan jalan ini disediakan tempat parkir gratis dan cukup luas. Tapi kalau hari sabtu atau musim liburan, seperti saat kami ke sana belum lama ini, tempatnya sering penuh. Jadi kita harus sabar nyari tempat kosong karena banyak yang pengin parkir gratis di sana he…he…

Setelah berjalan sekitar 5 menit dari tempat parkir ke arah pusat kota tampak bangunan tertua di Antwerpen yaitu kastil het Steen, artinya batu. Dinamakan demikian karena kastil ini adalah bangunan pertama di Antwerpen yang menggunakan batu sebagai bahan utamanya sementara bangunan lain pada masa itu masih terbuat dari kayu. Kastil dari abad ke 13 ini telah mengalami renovasi beberapa kali. Selain itu pernah juga berfungsi sebagai penjara dari tahun 1549 sampai 1823. Semenjak tahun1952 sampai tahun 2008 kastil ini berfungsi sebagai museum Maritim Nasional. Saat ini kastil het Steen digunakan untuk tempat hiburan edukatif anak-anak. Kastil di tepi sungai Schelde ini di bagian depannya dijaga oleh patung Lange Wapper, raksasa dari cerita legenda rakyat Antwerpen. Konon kabarnya dia sering menakut-nakuti penduduk yang suka mabuk.

Asal-usul nama Antwerpen ternyata juga berbau legenda. Cerita berikut ini adalah versi yang paling dikenal oleh wisatawan. Dahulu kala wilayah di sekitar sungai Schelde adalah milik raksasa kejam bernama Druon Antigoon. Raksasa ini sering memalak para pelaut yang melewati sungai ini. Barang siapa tidak mampu membayar, maka tangannya akan dipotong dan dilemparkan ke sungai. Suatu ketika seorang serdadu Romawi bernama Silvius Brabo akhirnya berhasil membunuh Druon Antigoon. Tangannya dipotong lalu dilemparkan ke sungai Schelde.

Liburan Antwerpen 2
Patung tangan Antigoon di jalan Meier 24 Antwerpen

Tempat di mana peristiwa itu terjadi dinamakan Antwerpen, berasal dari dua kata “hand” yang berarti tangan dan “werpen” artinya melempar. Patung Silvius Bravo saat sedang siap melempar tangan Druon Antigoon ini bisa dilihat di depan gedung balaikota, hanya beberapa meter menyeberangi jalan di depan kastil de Steen. Sedangkan patung potongan tangan Antigoon karya seniman Henri De Miller dapat dinikmati oleh wisatawan penggemar shopping tepatnya di jalan Meier 24.

Liburan Antwerpen 3
Toko roti Goossens di Antwerpen

Pusat kota Antwepen memang asyik untuk dieksplorasi. Hal ini terlihat dari beberapa pemandu wisata yang tampak sibuk menerangkan obyek-obyek menarik di pusat kota ini kepada para turis. Kulinernya pun cukup beragam. Seperti Belanda, Antwerpen juga terkenal dengan coklat, bon-bon dan kue-kuenya. Salah satu gerai roti dan kue yang terkenal adalah Goossens di jalan Korte Gasthuisstraat 31. Sebenarnya pengin juga ngicipin roti kismisnya yang katanya maknyus itu, tetapi karena antriannya panjang seperti antri sembako ketambahan udara dingin disertai gerimis,  kami memilih mengisi perut dengan kentang goreng di Fritkot Max (dapat di baca di sini).

Iklan

2 thoughts on “Legenda Raksasa Kota Antwerpen

  1. murtiyarini April 20, 2015 / 12:56 am

    Kota yang anggun. Senang bisa menemukam blog ini. Saya ijin lihat-lihat fotonya…Berharap bisa ke sana suatu saat. Salam kenal.

    Suka

    • kisahwisataku April 20, 2015 / 6:02 am

      Salam kenal juga.Trimakasih sudah mampir ke blog saya. Silahkan mba….selamat membaca dan melihat foto-fotonya. Saya doakan suatu saat bisa melihat sendiri keanggunan kota Antwerpen.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s