Sekilas Belanda

Warga Belanda menamakan negaranya Nederland, yang berasal dari kata neder (berarti rendah) dan land (berarti negara). Sekitar 26% wilayah Belanda berada di bawah permukaan laut dan 50% tanahnya kurang dari satu meter di atas permukaan air laut. Tempat tertinggi terletak 322 meter di atas permukaan air laut di Vaalserberg, propinsi Limburg. Daerah ini terkenal dengan obyek wisata bernama Drielandenpunt, yang merupakan titik pertemuan perbatasan antara tiga negara yaitu Belanda, Belgia dan Jerman.

042 (2)
Monumen titik terendah di Belanda 6,74m di bawah permukaan air laut.

Tempat terendah di Belanda berada 6,74 meter di bawah rata-rata permukaan air laut dan terletak di Nieuwerkerk aan den IJssel di dekat Rotterdam. Walaupun bukan menjadi obyek wisata, tempat ini ditandai dengan sebuah monumen. Lokasinya mudah dicapai dengan menggunakan mobil karena letaknya persis di pinggir jalan tol antara Gouda-Rotterdam. Karena wilayahnya sebagian besar berada di bawah permukaan air laut, Belanda dilindungi oleh tanggul dan pintu air untuk mencegah terjadinya banjir. Beberapa kawasan direklamasi dengan cara dikeringkan. Jaman dahulu hal ini dilakukan dengan bantuan kincir angin (windmolen). Tertarik melihat molen tradisional? Datanglah ke Kinderdijk di dekat Rotterdam atau Zaanse Schans di dekat Amsterdam.

Di Belanda banyak dijumpai kanal yang berfungsi sebagai lalulintas angkutan kapal. Sungai-sungai besar di Belanda adalah Maas, Rijn, Waal, IJssel dan Schelde. Wisatawan dapat menikmati sisi lain Belanda dengan menggunakan kapal menyusuri kanal-kanal atau sungai-sungai dengan nyaman.

Di sebelah selatan, Belanda berbatasan dengan Belgia dan di sebelah timur dengan Jerman. Sementara itu di barat dan utara berbatasan dengan Laut Utara. Laut Wadden (Waddenzee) adalah bagian dangkal dari Laut Utara. Laut ini memisahkan pulau-pulau Wadden dengan daratan. Pulau-pulau itu bernama Texel, Vlieland, Terschelling, Ameland dan Schiermonnikoog. Kalau sedang surut kita bisa berjalan kaki dari pantai di Belanda Utara dan Friesland menuju ke pulau-pulau tersebut.

Belanda hanya memiliki luas 41.543 km² sedikit lebih kecil dari propinsi Jawa timur. Jika ingin berkunjung ke Belgia atau Jerman, kita hanya butuh waktu sekitar 2-3 jam dengan menggunakan kereta api dari Amsterdam. Jumlah penduduk Belanda 16,9 juta (2015) atau sekitar separuh penduduk Jawa Timur. Kaum pendatangnya kurang lebih berjumlah 2.5 juta. Sebagian besar adalah keturunan Turki, Maroko, Suriname, Jerman dan Indonesia.

Oliebollen
Oliebollen

Penduduk Belanda yang multikultur memberi banyak pilihan jika kita ingin berwisata kuliner. Kudapan seperti lumpia Vietnam dan roti kebab saat ini sudah membudaya tak kalah populer dengan kuliner khas Belanda seperti patat (kentang goreng), oliebollen, poffertjes dan ikan haring. Evenemen tahunan seperti pasar malam Tong-Tong Festival di Den Haag menjadi salah satu atraksi yang menarik minat wisatawan untuk menikmati budaya dari Asia dan Suriname.

Belanda beribukota di Amsterdam, namun roda pemerintahannya dijalankan dari kota Den Haag. Kota ini juga menjadi kota tempat tinggal raja Willem Alexander. Selain Amsterdam dan Den Haag kota besar di Belanda yang lain adalah Rotterdam, Utrecht dan Eindhoven. Kota-kota lebih kecil yang layak dikunjungi wisatawan antara lain Volendam, Delft, Leiden, Maastricht, Groningen, Haarlem dan Gouda.

Walaupun Belanda memiliki empat musim, namun musim panasnya tidak terlalu panas malah terkadang turun hujan. Begitupun sebaliknya ketika musim dingin tidak terlalu dingin. Di musim dingin banyak lapangan disulap menjadi arena ice skating. Kita bisa meluncur di lantai es buatan sepuas-puasnya.

Waktu paling ideal untuk berkunjung ke Belanda adalah pada masa musim semi saat bunga tulip mulai bermekaran. Ketika itu taman bunga Keukenhof penuh dengan wisatawan yang ingin melihat semaraknya aneka warna dan jenis bunga tulip sebagai icon negeri oranye ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s