Icon Barunya Rotterdam…..Markthal

markthal 1
Suasana di dalam Markthal

Winy Maas sang arsitek mempunyai konsep untuk membuat pasar moderen yang multifungsi. Dari lantai dasar sampai tingkat dua selain dipakai untuk tempat berjualan aneka produk pangan mulai dari sayuran, buah-buahan, daging, ikan dan lain-lain tapi juga menyuguhkan restauran dengan berbagai macam menu dari seluruh penjuru dunia. Mulai dari tingkat dua sampai tingkat 10 bangunan unik berbentuk setengah lingkaran ini berfungsi sebagai apartemen.
Baru diresmikan bulan oktober tahun yang lalu oleh ratu Belanda Maxima, lokasinya berada di pusat kota Rotterdam berdekatan dengan bangunan-bangunan unik lainnya yaitu rumah kubus dan gereja Laurens.

Konon ketika proses penggalian tanah sedang dilakukan, para pekerja sempat menemukan keramik yang setelah diteliti oleh para arkeolog merupakan peninggalan dari abad pertengahan. Saat ini benda- benda tersebut berupa vas dan meriam dipajang di dekat eskalator menuju tempat parkir bawah tanah.

Markthal Rotterdam 2
Hiasan lukisan 3D di dalam Markthal

Bau harum poffertjes,stroofwaffels dan kentang goreng sangat menggoda, namun kali ini aku ingin nyoba yang bukan ala Belanda. Aku terus berjalan melewati deretan penjual pizza, kebab, pasta, sushi dan smothie. Kayaknya dingin-dingin gini enaknya sih makan yang anget dan berkuah ya. Akhirnya ketemu juga yang aku cari gerai makan “Let’s Wok Asian” yang letaknnya di seberang toko bumbu dan bahan masakan asia Wah Nam Hong.
Sambil menikmati semangkok wok udang seharga 7 euro di lantai atas gerai, aku berkali-kali menengadah mengagumi  langit-langit bangunan lengkung berupa foto 3D buah-buahan, bunga, sayuran, biji-bijian, dan ikan dengan warna yang sangat cerah.
Walau saat ini masih musim dingin, kehangatan musim panas nan cerah dan ceria sudah bisa aku rasakan demi melihat karya seniman Arno Coenen ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s